Deretan Gelandang Bertahan Terbaik Indonesia Skill Dewa

Gelandang Bertahan Terbaik Indonesia

Indonesia tak bisa dikatakan lemah dalam permainan sepak bola. Sepanjang perjalanannya, tak sedikit pemain gelandang terbaik muncul dari negeri ini. Setiap pemain tentu memiliki masa jaya dalam karirnya. Hingga tak jarang pemain  dunia memuji skill individunya. Lalu siapakah gelandang bertahan terbaik Indonesia yang tak terlupakan sepanjang masa? Inilah daftar selengkapnya :

1. Iswadi Idris

Iswadi Idris adalah pemain legendaris Indonesia yang bermain sebagai gelandang. Dirinya bermain untuk Timnas di era tahun 60 hingga 70 an. Pemain asal Aceh ini terkenal dengan kecepatan serangan serta kelincahan gerak tubuhnya. Hingga dirinya mendapat julukan “Boncel” yang artinya pemain pendek kecil namun serba bisa.

Awalnya, Iswadi Idris tidak berniat menjadi pemain bola. Dirinya lebih suka olahraga lari cepat. Namun takdir membawanya masuk ke dunia sepak bola. Bahkan di Asia sendiri pemain ini juga disebut – sebut sebagai pemain yang kecepatannya paling menakutkan. Iswadi meninggal pada 11 Juli 2008. Meski begitu, jasa dan nama besarnya tak akan pernah hilang oleh waktu.

READ  Pemain Bola Berdarah Indonesia yang Bermain di Luar Negeri, Siapa Saja?

2. Ronny Pattinasarany

Ronald Hermanus Pattinasarany atau yang akrab dipanggil Ronny Pattinasarany adalah seorang mantan pemain Timnas yang juga mantan pelatih bola Indonesia. Jejak sepak bola Ronny Pattinasarany tidak akan hilang begitu saja. Pasalnya pemain asal Makassar ini terbilang sukses menapaki karir di Indonesia.

Ronny berhasil membawa Indonesia bersinar di level Asia. Tak heran bila Ronny didaulat menjadi salah satu bagian dari All Star Asia. Hal ini merupakan suatu dampak dari keberhasilannya membawa sang merah putih meraih medali Perak pada gelaran Sea Games tahun 1979 dan 1981.

3. Junaedi Abdillah

Nama Junaedi Abdillah bukanlah nama baru untuk persepakbolaan Indonesia. Dirinya merupakan mantan pemain Timnas Indonesia di era tahun 1970 hingga 1980. Nama besarnya bukan muncul tanpa alasan. Pasalnya sederet prestasi memang sudah diciptakan.

READ  Kisah 5 Kiper Meninggal di Lapangan Demi Membela Klub Kebangganya

Pemain kelahiran Nusa Tenggara Barat ini tak bisa diremehkan. Visi dan misi dalam bermain bola, serta skill cemerlang yang dimiliki mampu mengecoh pemain lawan. Junaedi Abdillah direkrut untuk Timnas dari klub lamanya yakni Persebaya, Surabaya.

4. Fakhri Husaini

Fakhri Husaini berhasil mencatatkan namanya sebagai gelandang bertahan terbaik Indonesia. Tak hanya sampai disitu, nama besar juga membawanya terus berkarir di lapangan hijau. Beberapa kali dirinya dipercaya melatih klub di Indonesia dan pernah melatih Timnas U-16.

Tak hanya lihai bermain bola, namun dirinya juga pandai mengelola strategi untuk membuat kemenangan tim. Tak heran bila tim asuhannya berhasil menjuarai banyak kompetisi. Fakhri muda merupakan sosok penting dalam setiap serangan timnya. Bisa dibilang dirinya merupakan playmaker ulung yang dinanti rekan team lainnya.

READ  Berita Transfer Pemain Eropa yang Paling Heboh dan Sensasional

5. Ponaryo Astaman

Nama pemain ini tentu masih melekat di telinga pecinta bola modern. Ponaryo memulai karirnya dengan bermain di PKT Bontang pada tahun 2000. Kemudian berpindah ke PSM Makassar di tahun 2004. Skill Ponaryo tentu tak diragukan lagi.

Dirinya bergabung dengan Timnas di tahun 2003  dan membawa Timnas menang saat itu dengan mencetak 1 gol dalam Piala Asia 2004. Saat itu Indonesia menang atas Qatar dengan skor 2 : 1. Sekarang Ponaryo masih berada dalam lingkup sepakbola. Lebih tepatnya saat ini dirinya menjadi pengurus APPI (Asosiasi Pemain Profesional Indonesia).

Deretan nama gelandang bertahan terbaik Indonesia di atas memberikan pengaruh besar dalam dunia sepak bola khususnya Indonesia. Hingga Negara ini disegani oleh negara lain lewat torehan prestasi yang ada. Jasa orang – orang hebat ini takkan pernah terlupakan oleh waktu. Hal ini akan terus berlanjut kepada pemain muda penerusnya.

You May Also Like

About the Author: Julian Navaro