Profil Arda Turan Pesepak Bola Asal Turki Sang Gelandang Lapangan

Profil Arda Turan

Arda Turan adalah salah satu pesepak bola internasional yang namanya sudah tidak asing dalam dunia sepak bola. Dirinya semakin dikenal semenjak tergabung dalam klub sepak bola asal Spanyol, FC Barcelona. Pria berkebangsaan Turki ini diposisikan sebagai gelandang pada klub bola tersebut. Berikut profil Arda Turan yang menarik dan perlu diketahui.

Profil Singkat Arda Turan

Arda Turan adalah pemain sepak bola berkebangsaan Turki, ia lahir di Istanbul pada 30 Januari 1987.  Ia adalah seorang muslim atau pemeluk agama Islam. Pria dengan tinggi badan 177 cm ini telah menunjukkan minatnya pada dunia sepak bola sejak usia muda. Dia telah bergabung pada Tim Nasional Turki U16 sejak usianya 15 tahun. Turan juga telah diangkat menjadi kapten Galatasaray di usianya yang baru 21 tahun.

Turan melepas masa lajangnya pada 11 Maret 2018. Ia menikah dengan perempuan pujaan hatinya, Aslihan Dogan. Pernikahannya bahkan dihadiri oleh Presiden Turki Reccep Tayyip Erdogan sebagai saksi. Dari pernikahannya, kini ia telah dikaruniai dua anak laki-laki. Anak pertama bernama Hamza Arda yang lahir pada Oktober 2008, dan anak kedua bernama Asil Aslan yang lahir pada Juni 2020.

READ  Profil Cristian Gonzales, Pemain Asal Uruguay yang Bersinar di Indonesia

Perjalan Karir Arda Turan Dalam Dunia Sepak Bola

Arda Turan telah menunjukkan minatnya pada sepak bola sejak usia muda. Oleh karenya setelah membahas profil Arda Turan, menarik untuk membahas lebih dalam perjalanan karir sang gelandang lapangan bola ini. Turan memulai awal karirnya pada tahun 1999 sejak usianya 14 tahun bersama klub asal Turki, Altintepsi Makelspor.

Pada tahun 2000 ia tergabung dalam Galatasaray Muda, tim nasional Turki. Ia memulai debut resminya bersama Galatasaray pada tahun 2005 melawan Bursaspor dalam merebut Piala Turki. Sebagai kapten, Turan membawa timnya meraih kemenangan enam kali berturut-turut dalam Liga Turki. Kemenangan ini menempatkan Galatasaray di puncak klasmen Turki.

READ  Pemain Bola Asal Argentina yang Tak Banyak Diketahui

Pada 2011 Turan bergabung dengan klub Atletico Madrid dan memulai debutnya di La Liga 2011 dan Liga Eropa UEFA di tahun yang sama. Turan banyak mencetak gol untuk Atletico dalam setiap laga hingga pernah menempatkan Atletica sebagai pemenang Piala Super UEFA 2012.

Pada Juli 2015, Barceola menggait Turan dari Atletico dengan kontrak lima tahun. Turan memulai debutnya bersama Barcelona pada tahun 2016 dengan gol pembuka yang diberikannya. Namun, pada 2017, Turan tidak memainkan satu pertandingan pun bersama Barcelona, hingga akhirnya ia dipinjamkan ke klub Turki, Istanbul Basaksehir.

Setelah masa kontraknya habis bersama Barcelona, Turan kembali ke klub yang telah membangun karirnya sejak awal, Garatasaray. Pada 5 Agustus 2020, Turan resmi menandatangani kontrak bergabungnya bersama Garatasaray selama dua tahun.

Kehidupan Pribadi Arda Turan

Setelah membahas profil Arda Turan dan karirnya dalam dunia sepak bola, kini saatnya membahas kehidupan pribadi dan pengalaman Arda Turan. Turan disebut-sebut sebagai pesepak bola dengan bayaran termahal di Turki. Namun, terlepas dari prestasinya itu ia pernah mempunyai pengalaman yang kontroversial.

READ  Profil Andik Vermansah Yang Menarik Dan Inspiratif

Pada 2018, Turan pernah menerima hukuman percobaan selama 2 tahun 8 bulan atas kepemilikan senjata secara illegal dan penembakan yang mengakibatkan ketakutan. Selain itu, ia juga pernah menerima larangan 16 pertandingan dari Dewan Federasi Turki karena mendorong asisten wasit dalam pertandingan melawan Sivasspor pada 2018.

Ia juga pernah menyerang secara lisan dan berupaya untuk mencekik Bilal Mese seorang jurnalis Turki pada Juni 2017. Meski demikian, Turan dikenal sebagai sosok yang gemar beramal untuk kemanusiaan. Ia menyumbangkan uangnya untuk anak-anak yang sakit dan pernah menjadi duta perdamaian dunia dalam pembantaian Khojaly pada 2014.

Itu tadi penjelasan mengenai profil Arda Turan, perjalanan karir dan kehidupan pribadinya. Melihat sepak terjangnya di dunia sepak bola, tentunya Turan layak disebut sebagai pesepak bola favorit dan berprestasi.

You May Also Like

About the Author: Kim Don Gun