Profil Pele, Dibalik Kesuksesan yang Tak Diketahui Orang

profil pele

Pemain bola kelahiran Brazil, 23 Oktober 1940 ini memiliki nama lahir Edson Arantes Do Nascimento atau dunia mengenalnya sebagai, Pele. Pemain yang dengan tinggi 174 cm ini berhasil membawa negaranya sampai tiga kali menjadi juara dunia. Berikut fakta profil Pele yang tidak banyak orang ketahui.

Tidak Pernah Mendapatkan Gelar Ballon d’Or

Rio De Janeiro menjadi saksi kesedihan Lionel Messi ketika negaranya, Argentina, tidak mendapat gelar juara dunia pada tahun 2014. Ketika itu Argentina harus takluk oleh Jerman saat itu yang mengungguli Argentina 0 – 1 saat di final Piala Dunia.

Messi adalah pemain pertama yang berhasil mendapatkan gelar Ballon d’Or sebanyak lima kali. Tapi ternyata pemain dengan gelimang prestasi ini tak mampu membawa negaranya menjuarai dunia.

Aturan lama Ballon  d’Or yang mengharuskan pemain harus kelahiran Eropa ternyata membuat Pele tidak pernah menyandang penghargaan tersebut. Apa lah arti gelar tanpa pernah bisa membawa negaranya menjadi juara dunia? Messi memang berkali-kali mendapat gelar itu, tidak untuk Pele. Tapi Pele berhasil membawa Brazil bahkan sampai tiga kali juara dunia.

READ  Profil Arda Turan Pesepak Bola Asal Turki Sang Gelandang Lapangan

Profil Pele yang Menjadi Film

Film berjudul Pele: Birth of Legend merupakan film yang menggambarkan profil Pele. Dimana sosok Pele yang masa-masa kecilnya dulu sangat kesulitan secara ekonomi. Lalu kemudian karena kecintaannya pada bola membuat dirinya ikut bergabung bersama tim nasional Brasil dan menjuarai dunia.

Film ini diawali dengan gambaran masa kecil Pele yang hidup dalam kemiskinan di suatu kota di Brazil. Dimana Arantes (nama asli Pele) sering diejek oleh rekan sebayanya dengan sebutan “Pele”. Keseriusan Pele dalam mengejar cita-citanya menjadi pemain sepak bola nasional. Dan mengangkat Brazil menjadi juara dunia memang terlihat sungguh-sungguh di film tersebut.

Film ini memperlihatkan bagaimana Pele yang awalnya ragu dengan kemampuan Ginga (gaya sepak bola Brazil). Bahkan diterapkan ketika final melawan Swedia sebagai tuan rumah. Namun tiba-tiba keberanian itu muncul dan Pele berhasil menyumbang 2 gol untuk timnya. Sehingga Brazil akhirnya mendapat gelar juara dunia pertama kalinya.

READ  Profil Kurniawan Dwi Yulianto Pemain Bintang Dengan Segudang Kisah

Membawa Brazil Juara Dunia Lebih Dari Satu Kali

Atmosfer sepak bola dunia yang ketika itu berlangsung Eropa benar-benar dapat dirasakan dalam film “Pele” yang sudah diceritakan diatas. Dimana Swedia yang sudah diyakini akan menjadi juara dunia terpaksa harus takluk oleh negara tropis. Yang tak pernah orang bayangkan akan mengalahkan tuan rumah dan menjadi juara dunia.

Dua gol yang disumbangkan oleh Pele pada final Piala Dunia tahun 1958 menjadi penyemangat tim nasional Brazil. Yang pada akhirnya membawa Brasil menjadi juara dunia untuk pertama kalinya.

Hari ke 17 di bulan Juni tahun 1962 menjadi salah satu hari yang sangat berarti bagi Pele. Brazil berhasil menjadi juara dunia untuk kedua kalinya bersama Pele. Stadion Santiago de Chile menjadi saksi bisu yang memukau bagaimana luar biasanya aksi Pele pada final Piala Dunia melawan Cekoslowakia.

READ  Profil Cristian Gonzales, Pemain Asal Uruguay yang Bersinar di Indonesia

Delapan tahun kemudian Pele berhasil membawa Brasil menjadi juara dunia pada ajang Piala Dunia tahun 1970. Saat itu di Mexico, 22 Juni 1970, Brazil berhadapan dengan Italia di final Piala Dunia. Pele membuka gol di menit ke 19  dan dibalas Italia pada menit ke 37 namun saat selesai turun minum. 

Berlanjut ke babak kedua, Brasil kembali unggul pada menit ke 66 dan berlanjut 3 gol setelahnya. Sehingga memperkokoh posisi Brazil sebagai pemenang. Pele berhasil membawa Brasil kembali menjadi juara dunia pada ajang Piala Dunia untuk ketiga kalinya.

Itulah fakta profil Pele yang tidak banyak orang ketahui. Pele memang tidak pernah mendapatkan penghargaan bergengsi Eropa seperti Ballon d’Or karena aturan yang ada saat itu.

Tapi bukan berarti Pele minim prestasi. Buktinya Pele berhasil membawa negaranya tiga kali menjadi juara dunia di tengah keterbatasan yang dia miliki. 

You May Also Like

About the Author: Kim Don Gun