Profil Wawan Hendrawan Kiper yang Menolak Tua

Profil Wawan Hendrawan

Karir Wawan Hendrawan dalam dunia sepak bola sudah dimulai sejak usia yang terbilang muda. Wawan Hendrawan terlahir di Brebes pada tanggal 8 januari tahun 1983. Beliau terlahir sebagai putra kelima dari pasangan Warta (Alm) dan Daonah. Wawan Hendrawan pernah tergabung dalam tim voli dan bola basket sebelum akhirnya berkecimpung dalam dunia sepak bola. Lalu bagaimana rekam jejak karir Wawan Hendrawan hingga bisa bergabung menjadi pemain Bali United? Berikut profil Wawan Hendrawan yang berhasil dirangkum secara singkat!

Awal Karir Bersama Persip Brebes

Sebagai pemain kebanggan Indonesia tentu saja Wawan Hendrawan memiliki rekam jejak karir yang tidak singkat. Karir di usia 16 tahun adalah awal mula petualangan Wawan dalam dunia sepak bola. Wawan Hendrawan didapuk sebagai pemain Persip Brebes yang kemudian sempat berkecimpung bersama Diklat Persip.

READ  Profil Cristian Gonzales, Pemain Asal Uruguay yang Bersinar di Indonesia

Diklat Persip pada 2001 lantas tak membuat Wawan dengan mudah dapat menembus posisi Tim Utama Maung Bandung meski sebelumnya sempat bermain untuk Tim Porda.

Debut Karir Wawan Hendrawan

Tahun 2002 Wawan Hendrawan mulai debut profesional untuk  Persebas Banyumas. Performa ciamik yang ditunjukkan oleh Wawan Hendrawan bersama Persebas Banyumas berhasil membawa Wawan Hendrawan menjadi punggawa Persikabo Bogor pada 2005 sampai 2006.

Setelah sebelumnya berkarir dengan Persikabo Bogor, karir Wawan Hendrawan nyatanya masih terus berkutat dalam sepak bola kasta kedua dan ketiga. Hingga pada 2008 Wawan Hendrawan berhasil merubah peruntungannya saat bergabung dengan Persita Tangerang di musim 2008 sampai 2009.

Titik Balik Karir Wawan Hendrawan

Musim 2009 sampai 2010 Wawan Hendrawan berhasil menunjukkan performa ciamik menjadi kiper Persisam Samarinda di pentas Liga Super Indonesia. Menjadi kiper Persisam Samarinda ini bisa juga dibilang sebagai titik balik karir Wawan Hendrawan dalam dunia Sepak Bola.

READ  Profil Kurniawan Dwi Yulianto Pemain Bintang Dengan Segudang Kisah

Namun tidak berhenti disana, pada musim 2011 – 2012 Wawan Hendrawan memilih berhenti menjadi kiper Persisam. Persiba Balikpapan adalah klub yang akhirnya menjadi tujuan selanjutnya untuk mengolah si kulit bundar di lapangan hijau.

Puncak Karir di Usia Senja

Menjadi salah satu kiper profesional yang dimiliki Indonesia, sebenarnya karir Wawan Hendrawan dapat dikatakan sedikit terlambat.

Menjadi kiper andalan Persiba Balikpapan pada usia 29 tahun tentu saja merupakan tantangan tersendiri bagi Wawan Hendrawan. Mempertahankan performa dan dapat terus dipercaya membela klub asal Kalimantan itu tentu memerlukan usaha ekstra.

Hingga akhirnya pada 2014 Wawan Hendrawan memilih hengkang dari Persiba Balikpapan kemudian bergabung dengan Mitra Kukar.

Menjadi Pilihan Utama Bali United

Membahas profil Wawan Hendrawan sebagai salah satu pemain profesional tentu tidak akan lepas dari perannya sebagai kiper utama Bali United.

Pada musim 2017 Wawan Hendrawan bermain kembali untuk Klub lawasnya yaitu Persisam Samarinda yang sekarang berganti nama menjadi Bali United. Pada saat itu Wawan Hendrawan sempat menjadi pilihan kedua dalam klub.

READ  Profil Pele, Dibalik Kesuksesan yang Tak Diketahui Orang

Wawan Hendrawan berhasil menduduki posisi pertama sebagai kiper utama Bali United pada 2018 – 2019. Dirinya menjadi seorang kiper Profesional di usia yang terbilang sudah tidak muda lagi untuk ukuran seorang pemain sepak bola yaitu 36 tahun.

Diberikan Julukan Spiderwan

Sebagai point penutup profil Wawan Hendrawan, rasanya tidak lengkap bila tidak menyinggung tentang julukan Spiderwan. Julukan ini disematkan khusus untuk kiper Bali United satu ini oleh teman-teman satu klubnya. Ketangkasannya dalam mengolah si kulit bundar adalah alasan julukan ini masih melekat hingga sekarang.

Itulah tadi profil Wawan Hendrawan yang telah dirangkum secara singkat dalam artikel pendek ini. Meskipun karir Wawan Hendrawan terbilang terlambat, hal itu seakan sama sekali tidak menutup semangat Wawan Hendrawan dapat bersinar di usia yang tidak lagi muda.

You May Also Like

About the Author: Julian Navaro